Cara cepat bisa belajar berenang

Berenang menjadi salah satu hobi dari bidang olahraga yang menyehatkan dan juga baik untuk membentuk masa otot dengan cara yang menyenangkan.

Selain menyehatkan, berenang juga bisa di jadikan salah satu metode untuk menambah tinggi badan, khususnya bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Latihan berenang menjadi tampak sulit bagi sebagian orang, tapi bagi sebagian orang lainnya merasa cepat sekali bisa berenang karena memungkinkan untuk latihan setiap saat.

Anak kecil jaman dulu bahkan bisa berenang dengan sendirinya karena sering bermain di sungai atau di pantai.

Awalnya, berenang dengan gaya sederhana, asalkan mengapung, sudah cukup. Nanti seiring semakin mahirnya berenang maka gaya lainnya bisa di pelajari perlahan-lahan.

Latihan berenang bisa dilakukan di kolam dangkal atau jika memungkinkan belajar berenang dipantai akan lebih mudah karena kandungan garam air laut bisa membuat seseorang mudah mengapung.

Tapi harus di perhatikan posisi pantai yang digunakan sebagai tempat berlatih berenang. Usahakan jangan di pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas, karena ombak dan arus lautnya relatif besar dan membahayakan.

Cari posisi pantai yang terlindung pulau seperti di Raja Ampat atau pantai yang berada di teluk seperti pantai Kampung Nelayan di Teluk Palu, Sulawesi Tengah.

Usahakan untuk memanfaatkan waktu di pagi hari karena selain cuaca masih sejuk, ombak laut pagi hari umumnya relatif tenang dan tidak terlalu berombak.

Kalau tidak memungkinkan latihan berenang di pantai, berenang di kolam renang pun tak mengapa. Kolam renang lebih aman karena tidak cemas akan terseret arus seperti jika berenang di pantai.

Pilih kolam yang memiliki tingkat kedalaman bertingkat, jadi anda dapat memilih kedalam yang sesuai dengan tinggi badan anda.

Namun memang untuk dapat mengapung di kolam air tawar, butuh tenaga yang lebih banyak di bandingkan jika kita mengapung di air laut.

Gaya renang yang bisa di pelajari saat pertama kali belajar berenang adalah gaya dada atau gaya katak karena gerakannya sederhana dan untuk memulainya pun tidak sulit.

Lokasi Berenang

Berenang di Pantai

Jika anda memilih belajar berenang di pantai. Cari pantai yang berpasir dengan kemiringan pantai yang tidak terlalu curam serta ombak yang tidak terlalu besar. Pantai di pagi hari biasanya relatif lebih tenang dan ombaknya masih kecil sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat belajar berrenang.

Berenang di kolam

Cari lokasi kolam renang yang tidak terlalu ramai dan pilih kolam renang yang memiliki area dangkal yang boleh dimasuki oleh orang seumuran anda.  Jangan sampai karena anda cari kolam dangkal terus masuk di kolam anak-anak, kan bisa malu dan diomeli yang punya kolam.

Usahakan untuk tidak belajar di kolam renang khusus wisata. Karena kolam renang seperti ini biasanya memiliki beraneka ragam wahana hiburan seperti kolam arus, seluncuran dan lain-lain yang bisa membuat anda batal belajar berenang karena asyik menikmati wahana hiburan disana. Lagipula kolam renang dengan berbagai hiburan biasanya tiket masuknya mahal. Sedangkan anda belajar berenang perlu beberapa kali datang berlatih jadi cari yang murah meriah saja.


Yang tak kalah pentingnya dari kedua lokasi berenag tersebut diatas adalah usahakan anda meminta bantuan teman untuk mengajari anda berenang atau setidaknya memberi contoh gaya berenang untuk di pelajari.

Mempelajari gerakan dasar berenang. 

#Gerakan dasar yang perlu dipelajari untuk cepat bisa berenang.

Untuk dapat mulai berenang, anda perlu melatih gerakan dasar sebagai permulaan untuk melakukan gerakan renang yang lebih rumit.
1. Meluncur dan Mengapung.
Cara cepat bisa belajar berenang,belajar berenang,

Meluncur di permukaan air adalah salah satu gerakan dasar yang harus anda latih sebagai permulaan dalam langkah-langkah agar cepat bisa berenang. Hentakan kaki ke dasar atau dinding kolam untuk mulai meluncur kedepan dengan posisi wajah menghadap kedasar kolam. Anda perlu menahan nafas dan terus meluncur hingga anda tak sanggup lagi menahan nafas.

Untuk memudahkan meluncur serta mengapung dengan posisi menelungkup seperti ini, mungkin anda bisa menggunakan alat bantu seperti sorkel agar anda bisa mencoba mengapung lebih lama dalam posisi menelungkup.

Tenangkan posisi tubuh anda hingga anda mulai bisa menguasai keaadaan saat meluncur dengan wajah menghadap ke dasar kolam.

Mungkin anda akan merasakan sensasi yang berbeda jika belajar berenang di pantai. Karena kandungan garam pada air laut dapat membantu anda mengapung dengan mudah tanpa tenaga ekstra.


2. Melakukan gerakan renang


Setelah anda sudah bisa mengapung, selanjutnya anda mulai bisa menggerakan tangan dan kaki untuk berlatih gerakan berenang.

Anda bisa mengayuh kan tangan melakukan gerakan renang gaya bebas dan menggerakan kaki keatas dan kebawah untuk mendapatkan daya dorong ke depan.

Disaat latiha awal ini mungkin anda belum bisa mengendalikan kepala untuk mengambilnafas di permukaan. Anda tetap bisa menggunakan snorkle dan melatih renang gaya bebas sambil melatih gerakan kepala untuk naik ke permukaan saat menghirup udara.

Untuk memaksimalkan latihan, belajarlah menggerakan kaki di pinggir kolam sambil bertumpu pada pinggiran kolam hingga anda dapat terapung dari hasil gerakan kaki yang seolah mendayung.

Cara cepat bisa belajar berenang,belajar berenang,


3. Melatih Pernapasan.
Cara cepat bisa belajar berenang,belajarberenang

Gerakan kepala untuk menarik nafas ke permukaan air, mungkin adalah salah satu yang sulit dilakukan bagi mereka yang baru belajar berenang.

Saat meluncur di atas air, angkat kepala miring kekiri dan kekanan untuk mengambil nafas di permukaan. Ana hanya perlu menoleh sedikit hingga hidung dan mulut keluar ke atas air dan anda bis amenghirup udara dan kemudian menelungkup lagi (menghadap dasar kolam) untuk melanjutkan berenang.

Latihan rutin sangat wajib dilakukan untuk membiasakan diri dan semakin lancar berenang gaya bebas yang benar.


Tips Belajar Berenang

1. Belajar berenang di tempat dangkal dan tidak terlalu padat orang lalu lalang.

2. Pastikan ada seseorang yang mendampingi anda berenang untuk mengawasi dan membantu anda belajar berenang. Cari teman yang sudah bisa berenang agar dapat memberikan contoh bagaimana gerakan berenang yang benar.

3. Cari kolam renang yang murah atau kalau bisa gratis. Ketahuilah bahwa belajar berenang tidak sekali "jadi", anda harus berlatih berulang-kali. Jika biaya tiket masuk kolam renang terlalu mahal, mungkin anda jadi malas berlatih rutin karena terbentur biaya.

4. Kalau ada biaya lebih, bisa pertimbangkan untuk ikut kursus / les renang yang ada di kota anda. Anda akan dipandu untuk berlatih renang hingga bisa berenang

5. Jika kebetulan tinggal dipinggir pantai, akan lebih mudah berlatih berenang di pantai. Selain biaya masuk wiata pantai relatif murah bahkan bisa gratis, berlatih di pantai bisa lebih mudah mengapung dan udara segar pantai di pagi hari sangat menyehatkan tubuh.